Pertamina Jadi Penyumbang TKDN terbesar, Disebut Bisa Dorong Ekonomi

Pertamina Grup jadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama kontributor pemanfaatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) terbesar. Tercatat TKDN BUMN sepanjang 2023 meraih Rp 800 triliun, sedangkan TKDN Pertamina Grup sanggup meraih Rp 374 Triliun.

Pencapaian ini diapresiasi Komisi VI DPR. Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza, tunjukkan kontribusi Pertamina selanjutnya dapat berdampak positif pada perekonomian dalam negeri.

Sangat kami apresiasi. Keberhasilan Pertamina jadi kontributor judi bola resmi TKDN terbesar, dapat mendorong tumbuhnya industri dalam negeri. Dan pada akhirnya, dapat berdampak positif pula pada perekonomian nasional,” kata dia melansir Antara.

Pada 2023 Pertamina memberikan kontribusi sampai 50 persen atau meraih Rp 374 triliun dari keseluruhan TKDN BUMN sebanyak Rp800 triliun.

Atas pencapaian luar biasa tersebut, Pertamina dianugerahi penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri Tahun 2024 untuk Kategori Badan Usaha Milik Negara dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pada acara Penggunaan Produk Dalam Negeri, di Bali, Kamis (7/3/2024).

Faisol Riza menambahkan, keberhasilan BUMN migas itu dapat mempunyai efek domino pada industri lokal, mitra bisnis Pertamina di bidang barang dan jasa, pasti makin terpacu dan berlomba-lomba menambah kualitas.

Dengan demikian, katanya lagi, produk-produk lokal dapat makin sanggup bersaing, jikalau hal itu terus ditunaikan maka dapat menghemat devisa negara dan industri dalam negeri dapat jadi lebih independent dan juga kuat.

Menurut dia, capaian kontribusi TKDN 50 persen dari keseluruhan BUMN, termasuk menandakan komitmen Pertamina dalam mengoptimalkan pemanfaatan barang dan jasa dalam negeri.

“Komisi VI melihat, Pertamina selamanya berkomitmen dalam memakai komponen dalam negeri, baik barang maupun jasa, terutama berkaitan industri migas. Ini sanggup jadi benchmark bagi BUMN lain,” katanya lagi.

Faisol berharap ke depan Pertamina dapat terus komit dan menambah pemanfaatan komponen dalam negeri tersebut.

“Kami di Komisi VI pasti dapat terus mengawal dan mengawasi pemanfaatan TKDN seluruh BUMN, termasuk Pertamina,” katanya pula.

Bukti

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, capaian TKDN ini merupakan bukti nyata komitmen Pertamina dalam mengoptimalkan pemanfaatan barang dan jasa dalam negeri yang nantinya dikehendaki sanggup menambah perekonomian nasional.

“Jadi kontribusi Pertamina di dalam TKDN ini terlampau besar. Ini merupakan komitmen Pertamina yang bukan cuma untuk meraih target semata, tapi kami betul-betul menghendaki menambah terus pelaku-pelaku industri dalam negeri untuk makin berkiprah isi kebutuhan barang dan jasa untuk industri daya khususnya,” ujar Nicke dalam keterangan tertulis, Kamis (7/3/2024).

Menurut Nicke, komitmen Pertamina pada TKDN termasuk diwujudkan bersama membawa dampak fungsi khusus berkaitan bersama TKDN. Mulai dari step perencanaan, monitoring sampai verifikasi. Hingga pas ini Pertamina sudah lakukan sebanyak 6.500 transaksi bersama keseluruhan kontrak bersama senilai Rp374 triliun.

 

error: Content is protected !!