Mulai Menerapkan Aturan Baru Di Tol Bayar Tanpa Sentuh Mulai Diterpkan Bertahap Akhir 2024

Menteri Profesi Lazim dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan penerapan metode bayar tol tanpa sentuh alias multilane cuma-cuma flow (MLFF) akan diawali secara berjenjang pada akhir 2024 ini.

Kerja MLFF akan dipakai secara berjenjang. Dimulai dengan uji coba pada satu lajur atau Single Lane Bayaran Flow (SLFF) dengan barrier dan tapping (hybrid), dilanjutkan dengan masa transisi dimana dipakai SLFF dengan barrier. Pada tahap selanjutnya merupakan SLFF tanpa barrier dan MLFF secara penuh.

Teknologi yang dipakai tetap GNSS, sehingga tetap membutuhkan slot qris aplikasi Cantas untuk melakukan transaksi pembayaran tol. Nantinya pelaksanaan SLFF akan dipakai secara berjenjang diawali dari uji coba ruas Jalan Tol Bali Mandara. Kemudian saat sudah sukses akan dilaksanakan perluasan layanan terhadap ruas lainnya.

Saat teknologi MLFF sudah mulai diimplementasikan pada semua jalan tol, pengguna patut meregistrasikan data pribadi dan nomor kendaraan pada aplikasi Cantas sebelum memasuki jalan tol untuk mendukung kedisiplinan pengguna dalam melakukan pembayaran.

Oleh karena itu, pengguna jalan tol patut melihat pendaftaran aplikasi Cantas dan kecukupan saldo sebelum memasuki jalan tol.

Tak Ada Penambahan Biaya
Basuki memastikan, nantinya tidak akan ada penambahan tarif atau perubahan tarif tol bagi para pengguna tol saat beralih ke metode MLFF. “Tak akan ada membebani pengguna tol dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), termasuk tidak ada perubahan tarif dengan adanya MLFF ini,” tegas dia.

Dikatakan Basuki, penerapan MLFF sendiri sudah diatur menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) karena salah satu tujuan utamanya untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan tol, bukan untuk kepentingan BUJT atau pemerintah.

President Director of Roatex Indonesia Toll System (RITS), Attila Keszeg mengaku siap mendengar semua usulan dari Pemerintah Indonesia bahwa diperlukan transisi untuk menuju MLFF. Termasuk masih butuh banyak sosialiasi ke masyarakat terpenting terkait pelaksanaan pendaftaran kendaraan.

“Proyek ini merupakan transformasi teknologi di jalan tol terpenting dalam transaksi pembayaran. Kami terus berprofesi sama dengan PUPR secara intensif untuk memulai penerapan level MLFF di akhir tahun 2024,” ujar Attila.

Sistem Tol Tanpa Gerbang Bakal Kerek Biaya Jalan Tol? Ini Penjelasan Menteri Basuki

Sebelumnya, Menteri Profesi Lazim dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, transformasi metode pembayaran tol menjadi tanpa gerbang atau multilane cuma-cuma flow (MLFF) tidak akan berakibat pada kenaikan tarif tol.

Lantaran Basuki menyebut peraturan soal tarif tol sudah dikuasai sendiri dalam peraturan yang berbeda. Sementara untuk MLFF ikut serta tertuang dalam peraturan baru, merupakan Aturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2024 seputar Jalan Tol.

“Jadi jika MLFF ini, SLFF tidak ada membebani BUJT tidak ada membebani pengguna. Tetap ini saja perubahan metode dari tadinya cash menjadi tapping sekaranh menjadi SLFF. Jadi enggak ada urusannya dengan tarif,” ujar Basuki di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Pada kesempatan sama, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian meneruskan, pelaksanaan metode pembayaran tol tanpa gerbang tidak bisa serta merta seketika dipakai, dan patut lewat skema uji coba di satu lajur, atau Single Lane Bayaran Flow (SLFF).

Hedy menyebut beberapa skor kenapa Indonesia tidak bisa seketika loncat ke MLFF. Pertama, permasalahan kendaraan yang tidak terdaftar. Lalu juga ada permasalahan law enforcement, dan prosesnya yang berbasis digital lewat telepon seluler.

“Sehingga kita tidak mungkin seketika ke MLFF. Kita akan gunakan SLFF dulu, artinya itu dengan barrier. Sehingga kendaraan-kendaraan yang tidak register, mungkin dalam tahap awal kita akan alirkan ke tapping dulu,” kata Hedy.

“Jadi kita, tadi istilahnya kita sekaligus identifikasi, seberapa banyak, seberapa besar permasalahan yang terkait dengan legislasi kendaraan dan sebagainya,” dia menambahkan.

error: Content is protected !!