Gerakan Non-Blok Dukung Keanggotaan Palestina di PBB didalam Deklarasi Kampala

Gerakan Non-Blok Dukung Keanggotaan Palestina di PBB didalam Deklarasi Kampala

Gerakan Non-Blok Dukung Keanggotaan Palestina

Gerakan Non-Blok (GNB) mengecam serangan Israel di Jalur Gaza sekaligus menopang partisipasi Palestina di komunitas internasional dalam Deklarasi Kampala hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) GNB yang terjadi di Kampala, Uganda pada 19 – 20 Januari 2024. Dokumen selanjutnya dirilis oleh Pemerintah Uganda pada Ahad, 21 Januari 2024 di web formal Presiden Yoweri Museveni.

Deklarasi memuat 48 poin itu antara lain mengupas agresi Israel di Palestina, peran GNB dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam kedamaian dan keamanan internasional, promosi zona bebas senjata nuklir, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs, kerja City College News serupa dunia Selatan dan Utara, perubahan iklim, dan lain-lain.

GNB yang beranggotakan 120 negara menegaskan lagi pentingnya kasus Palestina bagi gerakan tersebut. Mereka menjelaskan posisi yang sudah lama dipegang berkenaan Palestina perlu dilestarikan terhitung lewat partisipasi aktif dalam pertemuan dan konferensi yang relevan, khususnya dalam konteks PBB.

Para kepala negara dan pemerintahan yang ada terhitung menekankan pentingnya implementasi penuh resolusi Dewan Keamanan PBB 2720 yang disahkan th. lalu. Resolusi selanjutnya menyerukan penyediaan perlindungan kemanusiaan dalam skala besar untuk menyelamatkan nyawa warga Palestina di semua Jalur Gaza dan menegaskan perlindungan pekerja kemanusiaan.

KTT ke-19 GNB ini terhitung dilakukan untuk menyongsong upaya hukum Afrika Selatan yang menyeret Israel ke Mahkamah Internasional (ICJ) atas tuduhan genosida di Gaza. Persidangan berkenaan tindakan waktu sudah terjadi pada 11 hingga 12 Januari lalu di Den Haag, Belanda.

Palestina merespons hal selanjutnya bersama pernyataan formal yang dirilis pada Ahad. “Negara Palestina menyongsong baik deklarasi Negara-negara Anggota Gerakan Non-Blok pada KTT Kepala Negara dan Pemerintahan ke-19 di Kampala yang menyongsong baik sistem yang dilakukan Afrika Selatan pada Israel di Mahkamah Internasional atas pelanggaran Konvensi Genosida,” demikian pernyataan tersebut.

GNB pun “mengutuk keras agresi militer ilegal Israel di Jalur Gaza, serangan tanpa pandang bulu pada warga sipil Palestina, object sipil, perpindahan paksa masyarakat Palestina” dalam Pasal 6 Deklarasi Kampala. Para pemimpin GNB kemudian menyerukan gencatan senjata di lokasi kantong tersebut.

Tak cuma menyorot kondisi di Gaza, GNB terhitung mengecam pembangunan pemukiman yang terus dilakukan di semua Wilayah Pendudukan Palestina dan Golan Suriah. GNB menopang kemerdekaan Palestina bersama Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya lewat solusi dua negara dan berdasarkan perbatasan yang ditentukan sebelum saat 1967, menurut deklarasi tersebut.

Baca Juga: https://2000nissanmaxima.org/5-senjata-andalan-hizbullah-untuk-serang-israel/

Selain itu, GNB lewat Deklarasi Kampala terhitung menegaskan perlindungan bagi Palestina supaya dianggap sebagai negara bagian PBB “dan mengambil alih tempat yang sah di antara komunitas bangsa-bangsa”. Indonesia, yang diwakili oleh Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury dalam KTT tersebut, lagi menyatakan dukungannya pada Palestina. Pahala pada Sabtu lalu memberikan desakan supaya GNB bersatu dalam mendesak gencatan senjata di sbobet login Gaza dan mengupayakan keanggotaan penuh Palestina di PBB.

Selain di pertemuan utama KTT GNB, ia terhitung berjumpa bersama Menlu Palestina Riyad al-Maliki dan Menlu Afrika Selatan Naledi Pandor untuk bicara berkenaan isu Palestina. Ia menekankan perlindungan Indonesia bagi perjuangan rakyat Palestina untuk menggapai kemerdekaan dan terhitung menopang gugatan Afrika Selatan pada Israel di ICJ.

error: Content is protected !!