Berita Terkini Capres dan Cawapres 2024

Dikritik soal Pembelian Alutsista Bekas, Prabowo Tuding Anies Tidak Mengerti Pertahanan

Calon presiden (Capres) nomer urut 2 Prabowo Subianto menanggapi pernyataan Capres nomer urut 1 Anies Baswedan soal pinjaman luar negeri yang digunakan untuk belanja Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) bekas. “Pak Anies ngomong barang bekas, Pak Anies rupanya tidak mengetahui persoalan pertahanan,” ujar Prabowo dalam acara debat yang disiarkan langsung account YouTube Tempodotco, Ahad, 7 Januari 2024.

“Jadi ngomong barang bekas itu menyesatkan rakyat. Itu tidak pantas profesor ngomong begitu. Karena pertahanan hampir 50 % alat-alat di manapun bekas, tapi usianya masih muda,” tutur Prabowo.

Menteri Pertahanan itu selanjutnya mengajak dan mengakibatkan Anies untuk berdiskusi bersama dengan mengenai pertahanan. Prabowo terhitung menjanjikan akan membawa knowledge yang sebenar-benarnya. Namun pas Anies meminta Prabowo untuk memaparkan knowledge yang dia maksud di forum debat tersebut, Prabowo menolak bersama dengan alasan pas tidak cukup.

Sebelumnya, Anies Baswedan menyinggung pinjaman luar negeri Indonesia situs judi bola yang digunakan untuk belanja Alutsista bekas oleh Kementerian Pertahanan. “Itu bukan sesuatu yang tepat, justru kita kudu sebaliknya, kita kerja,” kata dia.

Selain itu, pasangan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar itu menyebutkan pihaknya akan menata pinjaman dan jadi besar product domestik bruto atau PDB (Gross Domestic Product atau GDP) untuk memelihara pinjaman luar negeri. “Kami kudu sanggup mencapai maksimal angka 30 % dari GDP, agar kita aman. Caranya itu gimana bersama dengan menata utangnya, selanjutnya membesar GDP-nya,” ucap Anies.

Tidak kalah penting, kata Anies, kudu dikembangkan skema-skema yang kreatif dalam mencari pinjaman luar negeri terhitung pelibatan swasta. “Lalu meyakinkan bahwa tersedia perluasan kudu pajak yang harapannya akan memperkuat GDP kita disamping memperkuat kebocoran pajak,” ucapnya.

Gelaran debat capres kali ini merupakan debat kedua capres dan debat ketiga dari lima kronologis debat yang dijadwalkan KPU sebelum saat hadapi Pilpres 2024 pada 14 Februari mendatang. Tema debat capres putaran ketiga ini akan mengulas isu pertahanan, keamanan, pertalian internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. Debat malam ini dihadiri ketiga akan calon presiden, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, mengambil keputusan tiga akan pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024 Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomer urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomer urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomer urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomer urut 3. KPU terhitung udah mengambil keputusan jaman kampanye merasa 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024, namun jadwal pemungutan nada pada 14 Februari 2024.

Anies Bilang Utang Luar Negeri Maksimal 30 Persen berasal dari PDB, Prabowo: 50 Persen Nggak Masalah

Calon presiden (Capres) nomer urut 2 Prabowo Subianto mengatakan sependapat dengan Capres nomer urut 1 Anies Baswedan soal utang. “Saya sepakat lebih dari satu yang disampaikan, yang mutlak pinjaman itu produktif,” ujar Prabowo didalam acara debat yang disiarkan langsung account YouTube Tempodotco, Ahad, 7 Januari 2024.

Namun, dia menjelaskan, pinjaman hingga menggapai 50 persen berasal dari Produk Domestik Bruto atau PDB (Gross Domestic Product atau GDP) pun, Indonesia tidak dapat bermasalah. “Kita tidak pernah default, kita dihormati dunia,” kata Prabowo.

Sebelumnya, Anies Baswedan, mengatakan tentang pengelolaan pinjaman luar negeri dengan baik. Pasalnya, kata dia, pinjaman luar negeri merupakan instrumen pembayaran yang sah dan memiliki risiko intervensi kedaulatan.

Anies lantas menyinggung pinjaman luar negeri Indonesia yang digunakan untuk membeli alat utama proses pertahanan (Alutsista) bekas oleh Kementerian Pertahanan. “Itu bukan sesuatu yang tepat, justru kita kudu sebaliknya, kita kerja,” tuturnya.

Selain itu, pasangan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar itu mengatakan dapat menata pinjaman dan tambah besar GDP untuk menjaga pinjaman luar negeri. “Kami kudu bisa menggapai maksimal angka 30 persen berasal dari GDP, sehingga kita aman. Caranya itu gimana dengan menata utangnya, selanjutnya membesar GDP-nya,” kata dia.

Tidak kalah penting, kata Anies, kudu dikembangkan skema-skema yang kreatif didalam mencari pinjaman luar negeri, termasuk pelibatan swasta. “Lalu menegaskan bahwa tersedia perluasan kudu pajak yang harapannya dapat memperkuat GDP kita disamping memperkuat kebocoran pajak,” ucapnya.

Gelaran debat capres kali ini merupakan debat kedua capres dan debat ketiga berasal dari lima kronologis debat yang dijadwalkan KPU sebelum hadapi Pilpres 2024 pada 14 Februari mendatang. Tema debat capres putaran ketiga ini dapat membicarakan isu pertahanan, keamanan, interaksi internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. Debat malam ini dihadiri ketiga dapat calon presiden, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

error: Content is protected !!