Belum Tergantikan, Ini Peran Penting UMKM ke Ekonomi ASEAN Termasuk Indonesia

Amartha bersama dengan lembaga internasional yaitu Women\\\’s World Banking, SME Finance Forum, dan Accion, menyelenggarakan The 2024 Asia Grassroots Forum. Forum global ini mengumpulkan pemodal, entrepreneur, inovator, dan pembuat kebijakan untuk mengakselerasi potensi ekonomi akar rumput Asia. Dengan memfasilitasi inovasi di bidang teknologi dan keuangan, forum ini bertujuan untuk melibatkan lembaga global berpartisipasi dalam impact investing.

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berkembang cepat di semua Asia, terutama di Asia Tenggara, yang bonus new member 100 menjadi rumah bagi jutaan UMKM, hingga 40% dari ekonomi kawasan tersebut. Terutama, usaha mikro yang menempuh 94% dari sempurna UMKM, berperan penting sebagai mesin ekonomi, terutama di negara seperti Indonesia.

Meskipun mempunyai kontribusi yang signifikan, 90% pengusaha mikro di Asia Tenggara menghadapi kendala seperti jalan masuk layanan keuangan, tantangan dalam mendapatkan pinjaman karena jaminan dan riwayat kredit yang kurang memadai, serta literasi komputerisasi keuangan yang rendah, terutama di tempat pedesaan.

Berangkat dari hal ini, fintech seperti Amartha berperan penting dalam menyediakan layanan yang dapat diakses oleh masyarakat yang kurang terjangkau. Menonjol bahwa proporsi usaha mikro yang lebih besar, diperbandingkan dengan usaha menengah, meminjam dari layanan pinjaman fintech.

\\\”Selama 14 tahun, Amartha telah berkembang cepat dengan memanfaatkan potensi akar rumput yang sungguh-sungguh besar, tetapi seringkali terabaikan. Kinerja keuangan Amartha yang kuat, termasuk pencapaian profitabilitas selama tiga tahun terakhir, yaitu bukti dari potensi yang dimiliki. Kami mengundang semua stakeholder di Indonesia, dan secara global, untuk bergabung bersama Amartha dalam menggali dan memberdayakan segmen ultra mikro,\\\” kata Founder & CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra dikutip Minggu (26/5/2024).

Forum ini bertujuan untuk menjadi pendorong kolaborasi, mengumpulkan berjenis-jenis experts di bidang teknologi dan keuangan. Bersama-sama, kita dapat membangun masyarakat yang lebih tangguh untuk kemajuan ekonomi akar rumput. Saya mengajak masyarakat lazim untuk bergabung, dan berkolaborasi dalam agenda bersama yaitu: scaling impact, mendigitalisasi UMKM, dan mensupport pertumbuhan ekonomi yang inklusif untuk kesejahteraan yang merata,” tambah Taufan.

error: Content is protected !!