Apindo

Apindo Pede Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tetap Positif di Tengah Tahun Politik

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) yang kerap bermain di situs link https://pdiperjuangandenpasar.com/ prediksi suasana ekonomi Indonesia akan terdampak oleh dinamika perhelatan penentuan lazim (Pemilu) 2024. Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani menuturkan, berkaca pada Pemilu 2014, pas itu pertumbuhan ekonomi nasional berada di kisaran level 5% atau turun dari th. sebelumnya sekitar 6%. Ini baru mempertimbangkan faktor Pemilu saja, belum terhitung faktor global.

Di samping itu, th. politik umumnya akan diramaikan oleh kebijakan yang populis bagi masyarakat. Namun di segi lain, tren investasi condong melambat saat masuk tahun politik mengingat sebagian investor pilih wait and see sampai Pemilu selesai. Hal demikianlah sangat barangkali berlangsung pada th. ini.

“Kami melihat tersedia tendensi tiap-tiap th. Pemilu tersedia perlambatan dari faktor investasi,” kata Shinta di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Secara umum, Shinta optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia selalu berada di jalur yang positif sepanjang 2024. Indonesia masih dipandang sebagai negara primadona bagi para investor international terlepas dari faktor Pemilu.

Meski begitu, mesti diingat bahwa 2024 tidak cuma berlangsung Pemilihan Presiden (Pilpres), melainkan terhitung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar serentak. Hal ini patut jadi perhatian bagi para pelaku usaha atau investor.

“Pilkada pilih sekali dikarenakan banyak perizinan investasi bergantung pada pemerintah daerah, apalagi sekarang banyak kepala area berstatus PLT (Pelaksana Tugas),” tandasnya.

error: Content is protected !!