Alasan Utama Gen-Z Harus Melek Investasi Sejak Dini

JAKARTA – Investasi benar-benar membantu dalam membatasi dan mengelola keuangan menjadi lebih bagus, mempersiapkan masa depan finansial yang lebih bagus, dan menempuh tujuan keuangan. Itulah alasan mengapa investasi benar-benar penting dan perlu dimulai sesegera mungkin.

Berdasarkan keterangan legal, Jumat (22/9/2023) Community Lead IPOT Angga Septianus menyajikan, investasi sebaiknya dilakukan sesegera mungkin. Teritama jikalau sudah punya tujuan keuangan jangka panjang seperti pensiun, pengajaran anak, ataupun tujuan keuangan lainnya.

Angga membeberkan sejumlah alasan mengapa belajar untuk mulai spaceman investasi perlu dilakukan sejak dini via pemahaman time value of money. Sebuah konsep penting dalam investasi, di mana uang yang diinvestasikan hari ini memiliki potensi untuk tumbuh lebih besar di masa depan.

Terdapat tiga nilai penting dalam konsep hal yang demikian. Pertama, pengembangan modal. Dengan berinvestasi lebih awal, maka akan lebih banyak waktu untuk uang bisa berkembang.

“Uang yang diinvestasikan memiliki potensi untuk menjadikan profit atau imbal hasil, yang pada gilirannya bisa menjadikan lebih banyak uang di masa depan.” kata Angga.

Kedua, diversifikasi rasio. Dengan berinvestasi lebih awal, maka akan memiliki kans untuk lebih mendiversifikasi portofolio. Angga membeberkan, diversifikasi bisa membantu mengurangi risiko karena memiliki investasi yang perlu dikelola dalam berbagai jenis aset.

Ketiga, siap hadapi risiko dan disiplin keuangan. Dengan memulai investasi di usia yang lebih muda, maka akan lebih siap untuk menghadapi risiko pasar yang alami. Selain itu, dengan berinvestasi sejak dini maka akan terbangun disiplin keuangan.

“Investasi sejak dini mengajari kita untuk mengalokasikan beberapa pendapatan untuk masa depan dan hal ini bisa menjadi tradisi bagus dalam olah disiplin keuangan.” pungkas Angga.

Tetapi, diperlukan pemahaman ilmu dasar untuk memulai investasi, termasuk memahami risiko, diversifikasi, serta alternatif instrumen investasinya yang pas. Untuk menjawab keperluan hal yang demikian, Indo Premier Sekuritas menyediakan aplikasi investasi saham IPOT yang dilengkapi fitur Simulasi Investasi

error: Content is protected !!